induk organisasi sepak bola di indonesia:Bobotoh, asal-usul dan juga perkembangannya

Bobotoh, asal-usul lalu juga perkembangannya
final-pertama-bri-liga-1-persib-kalahkan-madura-united-260524-na-3-768x512.jpg

Bobotoh, itu lah julukan pendukung Persib Bandung, lalu bagaimana asal-usul nama itu yang dimaksud kemungkinan besar tak banyak orang tahu.

Bobotoh, di bahasa Sunda berarti “orang yang mana menghidupkan semangat untuk orang yang dimaksud hendak ‘bertarung’ di hal apa pun”. Jelas bahwa itu juga berarti suporter.

Makna itu sangat cocok dengan peran suporter Persib Bandung, yang dimaksud tidak ada pernah berhenti mengupayakan klub sepak bola ini. Meraih kemenangan maupun kalah, Persib merupakan kecintaan Bobotoh.

Jauh dari masa kini, pendukung klub bola selama Bandung ini nyatanya sudah ada ada sejak Pesib masih bernama BIVB ketika masa kolonial Belanda.

Selain sebagai regu sepak bola, BIVB merupakan kelompok perlawanan nasionalis ketika masa penjajahan. Saat itu, sekelompok pendukung pasukan sepak bola ini bernama Balakurawa. Mereka setiap saat datang ke Lapangan Tegalega untuk menggalang BIVB.

Lambat laun, regu BIVB kehilangan ketenarannya. Sehingga, dibentuk kembali klub sepak bola baru yakni Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (PSIB) yang digunakan bukan lama kemudian bergabung dengan National Voetbal Bond (NVB) kemudian mengganti nama menjadi Persib.

Pada beberapa perlombaan pertandingan, Persib menjadi klub sepak bola kebanggan Jawa Barat, khususnya warga Bandung, kota di area mana Persib lahir.

Pendukung Persib kembali terbentuk juga bersatu memperkuat pemain pasukan Maung Bandung ini dengan sebutan nama baru dia yaitu Bobotoh.

Aksi Bobotoh mengupayakan klub Persib sangat dikenal dengan beramai-ramai mengelilingi jalanan kota, sehingga pendukung Persib sangat diakui loyalitasnya.

Kini pendukung Bobotoh semakin tersebar di tempat beberapa area dengan total perkiraan banyak ribu orang. Kobaran semangatnya menyokong Persib tak pernah luntur kemudian usai.

Salah satu komunitas yang mana dibentuk oleh Bobotoh yaitu Viking Persib Club. Komunitas inilah yang kemudian menjadi kekuatan utama di tempat balik dukungan Persib di setiap pertandingan.

Lihat selengkapnya :  induk organisasi sepak bola di indonesia:Erick Thohir: Piala Presiden Digelar Mulai 19 Juli 2024, untuk Uji Aturan Baru Turnamen 1

Bukan semata-mata Viking, komunitas lain yang digunakan berpartisipasi menyokong Persib Bandung antara lain Bomber (Bobotoh Maung Bandung Bersatu), Druken Troopers, TS1 Crew, Bandung Supporter Alliance, Second Squad, kemudian Flowers City Casual.

Sejarah yang digunakan panjang juga total pendukung yang tersebut terus bertambah, Bobotoh menjadi bagian penting bagi Persib.

Selain memberikan dukungan tambahan terhadap para pemain Persib, Bobotoh juga merupakan faktor penting bagi perjalanan Persib menjadi salah satu pasukan sepak bola terbesar kemudian bergengsi di tempat Indonesia, demikian mengutip laman resmi Perkotaan Bandung serta sumber lainnya.

Antara

APA YANG MENARIK DARI JALALIVE ?

Tanpa login kamu bisa langsung mengakses dan menonton siaran langsung yang ada, tetapi jika kamu ingin interaksi dengan host Jala Live wajib membuat akun dan itu juga sangat mudah, setelah mempunyai akun kamu bisa melakukan intertaksi langsung dengan host yang ada.

MENGAPA HARUS SIARAN LANGSUNG SEPAK BOLA DI JALALIVE?

Jala Live menawarkan pengalaman yang unik dan menarik bagi penonton dengan fitur-fitur canggih dan kualitas siaran yang jernih. Tidak hanya itu, platform ini juga menyediakan berbagai pilihan kanal siaran yang dapat disesuaikan dengan preferensi Anda. Dengan kata lain, Jala Live memberikan kemudahan dan fleksibilitas untuk menikmati pertandingan sepak bola favorit Anda tanpa perlu meninggalkan kenyamanan rumah Anda.

  • jalalive
  • okestream
  • jalalive com
  • jalalive 2
  • score808
  • yalla shoot
  • rbtv77
  • bolasiar